mainan (klik untuk memberi makan)

Kamis, 28 Oktober 2010

tugas java II #1



package danar;
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class tugas extends JFrame {
    JButton b1 = new JButton("   b1   ");
    JButton b2 = new JButton("   b2   ");
    JButton b3 = new JButton("   b3   ");
    JButton b4 = new JButton("b4");
    JButton b5 = new JButton("b5");
    JButton b6 = new JButton("b6");
    JButton b7 = new JButton("b7");
    JButton b8 = new JButton("b8");
    JPanel jp1 = new JPanel();
    JPanel jp2 = new JPanel();
    JPanel jp3 = new JPanel();
    JPanel jp4 = new JPanel();
    JPanel jp5 = new JPanel();
    JPanel jp6 = new JPanel();
    JPanel jp7 = new JPanel();
    JPanel jp8 = new JPanel();
    JPanel jp9 = new JPanel();
    JPanel jp10 = new JPanel();
    JLabel gambar = new JLabel(new ImageIcon("image/dragon.jpg"));

    public tugas() {
        setTitle("Multi Layout");
        setVisible(true);
        setDefaultCloseOperation(3);
        setSize(230, 250);
        setLayout(new BorderLayout(10, 10));
        add(jp1, "North");
        add(jp2, "West");
        add(jp3, "Center");
        add(jp4, "East");
        add(jp5, "South");
        jp1.setLayout(new FlowLayout());
        jp1.add(b1);
        jp1.add(b2);
        jp1.add(b3);
        jp2.setLayout(new GridLayout(2, 1));
        jp2.add(b4);
        jp2.add(b5);
        jp3.setLayout(new GridLayout(1, 1));
        jp3.add(gambar);
        jp4.setLayout(new GridLayout(1, 1));
        jp4.add(b6);
        jp5.setLayout(new GridLayout(1, 1));
        jp5.add(b7);


    }

    public static void main(String[] args) {
       tugas m = new tugas();
    }
}


Keterangan :
import java.awt.*; (Untuk memasukkan perintah memanggil komponen-komponen toolbar)
import javax.swing.*; (Untuk memanggil perintah-perintah interface)
JButton b1 = new JButton("   b1   "); (Untuk membuat button pada frame java)
 JLabel gambar = new JLabel(new ImageIcon("image/dragon.jpg"));(untuk menanpilkan gambar pada frame java)
 setTitle("Multi Layout"); (untuk member judul pada frame java)
 setVisible(true);(untuk menampilkan frame)
setDefaultCloseOperation(3);(untuk menampilkan 3 ikon minimize,restore dan close)
setSize(230, 250);(untuk menyeting besar frame)
setLayout(new BorderLayout(10, 10));(untuk mengeset layout dengan set border layout)
 add(jp1, "North");(untuk menaruh posisi jp1 disebelah utara(atas) frame java)
 jp1.setLayout(new FlowLayout());(untuk mengeset layout jp1 dengan set layout flow layout)
jp1.add(b1);(untuk menaruh objek b1)

















Tidak ada komentar: